KangJaz.com

Tempat Tips, Tutorial dan Source Code dari seorang newbie

Merekam Desktop Linux dengan SimpleScreenRecorder (SSR)

10 November 2017 | Kategori : Linux

Merekam Desktop Linux dengan SimpleScreenRecorder (SSR) - Kegiatan merekam aktivitas desktop biasa dilakukan untuk keperluan membuat sebuah video tutorial. Pada era sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk merekam aktivitas desktop, jika pada Windows kita bisa menggunakan aplikasi Camtasia yang berbayar, Namun bagaimana jika kita menggunakan linux? Di Linux sendiri sebenarnya juga banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk aktivitas perekaman desktop, salah satunya adalah SimpleScreenRecorder.

ssr1.png

Apa sih SimpleScreenRecorder itu ?

SimpleScreenRecorder merupakan sebuah aplikasi open source yang digunakan untuk keperluan meng-capture / merekam aktivitas desktop menjadi sebuah gambar maupun video. SSR ini merupakan sebuah aplikasi yang dibuat menggunakan Qt yang dikembangkan oleh Maartenbaert.

Apa sih kelebihan SimpleScreenRecorder dibandingkan Aplikasi perekam yang lain ?

Aplikasi ini mempunyai tampilan yang sederhana sehingga memudahkan pengguna untuk menggunakannya. Selain itu, sobat juga bisa melakukan perekaman desktop secara utuh maupun hanya pada bagian tertentu. Dengan Aplikasi ini, sobat juga bisa melakukan pause dan resume pada saat proses perekaman, sehingga sobat bisa lebih leluasa saat membuat video.

Fitur-fitur yang ada pada SimpleScreenRecorder

Berikut ini merupakan beberapa fitur yang diberikan aplikasi SimpleScreenRecorder, diantaranya :

  1. GUI (Graphical User Interface) yang berbasis Qt.
  2. Mendukung banyak jenis codec, mulai dari MKV, MP4, WebM dan masih banyak lagi.
  3. Bisa melakukan Pause / Resume pada saat melakukan perekaman.
  4. Dapat merekam aplikasi OpenGPL secara langsung.
  5. Manampilkan statistik perekaman pada saat proses merekam.
  6. Dapat menampilkan Preview pada saat perekaman.
  7. Sinkronisasi audio dan video yang cukup baik.
  8. Mampu mengurangi frame rate sebuah video jika perangkat yang kita digunakan memiliki spesifikasi rendah.
  9. Sepenuhnya multithreaded sehingga menghasilkan video yang halus.
  10. dan masih banyak lagi

Installasi SimpleScreenRecorder

Bagi sobat yang tertarik untuk menginstall aplikasi ini, silahkan sobat ikuti langkah-langkah di bawah ini :

Buka terminal dengan menggunakan shortcut tombol ctrl+alt+t atau bisa juga membuka melalui menu aplikasi. Setelah terminal terbuka, silahkan sobat ketikan perintah di bawah ini :

sudo add-apt-repository ppa:maarten-baert/simplescreenrecorder

Jika sudah silahkan tekan enter untuk menambahkan repository-nya. Setelah selesai menambahkan repository, langkah selanjutnya adalah melakukan update untuk memperbarui daftar repository dan juga daftar aplikasi. Untuk melakukan update, sobat tinggal memasukkan perintah berikut :

sudo apt-get update

Kemudian tekan enter, dan proses update pun akan berjalan. Oh iya, pastikan tidak ada error pada saat proses update ya sob. Jika proses update telah selesai dan tidak terjadi error, sobat bisa menginstall aplikasinya dengan perintah berikut ini :

sudo apt-get install simplescreenrecorder

Kemudian tekan enter dan tunggu sampai proses installasi selesai. Jika proses installasi selesai dan tidak ada error, maka aplikasi tersebut sudah bisa sobat gunakan untuk keperluan perekaman desktop.

Cara melakukan perekaman desktop dengan simplescreenrecorder

Nah bagi sobat yang masih bingung cara menggunakan aplikasi ini, silahkan sobat ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Buka aplikasi SimpleScreenRecorder kemudian langsung klik continue
    ssr2.png
  2. Kemudian pada bagian Video Input, sobat bisa memilih Record the entire screen (jika sobat ingin merekam full screen), Record a fixed rectangle (jika sobat ingin merekam bagian tertentu), Follow the cursor (jika sobat ingin merekam mengikuti cursor) atau Record OpenGL (jika sobat ingin merekam aplikasi OpenGL). Centang juga record audio jika sobat ingin aplikasi ini juga merekam audio, Selanjutnya klik continue
    ssr3.png
  3. Kemudian silahkan sobat tentukan lokasi penyimpanan file hasil perekaman dengan mengklik tombol Browse... Jika sudah silahkan klik continue lagi.
    ssr4.png
  4. Sekarang sobat bisa melakukan perekaman dengan mengklik tombol start recording atau dengan hotkey yang sudah sobat tentukan. Jika sudah selesai merekam, simpan hasil rekaman dengan mengklik tombol save recording.
    ssr5.png

Gimana sobat ? mudah bukan hehehe.. Saya rasa cukup sekian dulu coretan saya kali ini, semoga bisa bermanfaat buat sobat semua dan semoga sobat tidak bosan membaca tulisan-tulisan saya ini ya hehehe...