KangJaz.com

Tempat Tips, Tutorial dan Source Code dari seorang newbie

Mengenal Fungsi Explode dan Implode pada PHP

13 Desember 2016 | Kategori : PHP

Mengenal Fungsi Explode dan Implode pada PHP - Apa kabar nih sobat? semoga sobat semua dalam keadaan baik ya. Bicara soal string nih sob, dalam bahasa pemrograman PHP kita bisa membuat string dengan menggunakan tiga cara yaitu dengan menggunakan petik tunggal, petik ganda, dan format here document (yang sering disingkat heredoc).

php.jpg

Namun kali ini kita tidak akan belajar bagaimana cara membuat string, tetapi kita akan belajar mengubah / mengkonversi string menjadi array maupun sebaliknya. Untuk melakukan konversi, bahasa PHP sudah menyiapkan dua buah fungsi yaitu fungsi explode dan fungsi implode.

Apa sih explode dan implode itu ?

Mungkin ada sobat yang masih bingung apa itu fungsi explode dan implode dalam bahasa pemrogramman PHP, untuk itu mari langsung saja kita bahas kedua fungsi tersebut.

Fungsi Explode

Fungsi explode merupakan sebuah fungsi pada php yang digunakan untuk memecah string menjadi array. Dengan fungsi ini kita bisa dengan mudah merubah sebuah string menjadi sebuah data array.

Bentuk umum :

explode(delimiter, string, limit[int])

berikut contoh penggunaan fungsi explode dalam PHP :

<?php

//string awal
$string = "Hallo World! Saya belajar explode";

//konversi dari string ke array
$hasil = explode(" ", $string);

print_r($hasil);

?>

dan berikut ini hasilnya :

Array ( [0] => Hallo [1] => World! [2] => Saya [3] => belajar [4] => explode )

Keterangan script di atas ialah, $string yang mendefinisikan, kemudian kita pisahkan menggunakan fungsi explode dengan tanda pisah berupa spasi.

Fungsi Implode

Berbalik dengan fungsi explode, dengan fungsi implode ini kita bisa mengkonversi elemen-elemen array menjadi sebuah string dengan pemisah tertentu.

Bentuk umum :

implode(string $glue, array);

berikut contoh penggunaan fungsi implode pada PHP :

<?php
    
//array
$data = array("Saya", "Belajar", "implode", "PHP");

//gabungkan
$string = implode(";", $data);
    
echo $string;
    
?>

dan hasilnya sebagi berikut :

Saya;Belajar;implode;PHP

Keterangan dari script di atas ialah, $data yang semula bertype array digabungkan menjadi sebuah string dengan tanda penghubung berupa ; (semicolon).

Nah gimana sob? mudah bukan? dengan cara di atas kita bisa dengan mudah mengkonversi sebuah string menjadi array maupun sebaliknya.

Demikian sedikit coretan yang bisa saya tulis kali ini. Semoga sedikit coretan ini bisa bermanfaat buat sobat semua. Nantikan tutorial maupun tips lainnya ya sob.

CMIIW