KangJaz.com

Tempat Tips, Tutorial dan Source Code dari seorang newbie

Import Data Excel ke MySQL dengan Spout pada CodeIgniter

02 November 2018 | Kategori : CodeIgniter

Hai sobat, gimana nih kabarnya ? semoga baik ya.. Tak terasa ya kita sudah berada di awal November nih.. Oh iya sobat, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial bagaimana cara import data dari file excel ke database MySQL pada CodeIgniter.

codeigniter-spout.png

Jika kita biasanya menggunakan library PHPExcel atau yang sekarang dikenal dengan nama PhpSpreadsheet untuk membantu kita dalam hal pengolahan data excel. Berbeda untuk kali ini, karena pada kesempatan ini saya akan mengenalkan sobat dengan salah satu library yang cukup handal dan juga ringan nih sob, yaitu library spout.

Apa itu library spout ?

Spout merupakan sebuah library php yang digunakan untuk mempermudah kita dalam hal membaca atau menulis sebuah file spreadsheet (XLSX, CSV, dan ODS) dengan cepat. Library ini juga mampu memproses file dengan data yang sangat besar sekaligus menjaga penggunaan memori yang sangat rendah.

Bagaimana cara import data excel menggunakan library spout ?

Baik sobat kita tidak usah berlama-lama lagi, langsung saja kita praktik bagaimana cara import datanya. Silahkan sobat lakukan beberapa persiapan di bawah ini :

  1. Library Spout, Silahkan sobat download disini
  2. Framework CodeIgniter
  3. File Excel

Jika semua bahan sudah siap, langsung saja sobat ikuti langkah-langkah di bawah ini ya :

1. Extract & Copy library Spout

Langkah pertama silahkan sobat extract terlebih dahulu library spout yang telah sobat unduh tadi, kemudian silahkan copy ke folder third_party dalam CodeIgniter seperti pada gambar di bawah ini :

struktur-folder.png

2. Siapkan Database

Setelah sobat meng-extract dan meng-copy library spout, langkah selanjutnya silahkan sobat sebuah database pada phpmyadmin. Sebagai contoh, saya membuat sebuah database dengan nama spout, kemudian membuat tabel dengan nama anggota dengan struktur seperti pada gambar di bawah ini :

struktur.png

3. Konfigurasi CodeIgniter

Setelah kita menyiapkan databasenya, selanjutnya kita konfigurasi CodeIgniter-nya ya sob, konfigurasi pada CI nya cukup bagian pada bagian :

  1. config.php

    Silahkan sobat atur terlebih dahulu untuk base_url-nya sesuai dengan nama folder project yang sobat buat tadi

  2. autoload.php

    Pada bagian file autoload.php, silahkan sobat ubah bagian library dan helper seperti penggalan script di bawah ini ya :

    $autoload['libraries'] = array('database');
    $autoload['helper'] = array('url', 'form');
  3. routes.php

    Silahkan ubah pada bagian default_controller nya ya sob, sesuai nama controller yang nanti ingin sobat buat.

  4. database.php

    Silahkan sobat isi nama database sesuai dengan database yang tadi sobat buat ya.

4. Proses Pembuatan

Nah, setelah kita selesai melakukan konfigurasi, sekarang kita tinggal membuat file-file inti, seperti model, views dan juga controller-nya. Silahkan sobat ikuti beberapa step di bawah ini :

Controllers

Yang pertama silahkan sobat buat sebuah file pada folder controllers dengan nama yang sesuai sama yang sobat tulis pada file routes.php tadi ya, kemudian silahkan ketikkan script berikut pada file yang baru saja sobat buat :

Jangan lupa untuk menyesuaikan nama class-nya sesuai nama file yang sobat buat, jika sudah silahkan simpan. Oh iya sobat hampir lupa, silahkan sobat buat terlebih dahulu sebuah folder untuk menyimpan file yang diupload pada directory root ya. Nah, sebagai contoh saya membuat folder temp_doc seperti gambar di bawah ini :

struktur-folder-root.png

Views

Untuk view-nya silahkan sobat buat sebuah file dengan nama import.php kemudian silahkan ketikkan script di bawah ini :

Jika sudah, kemudian silahkan sobat simpan pada folder views

Models

File terakhir ialah file model nya, silahkan sobat buat sebuah file dengan nama App.php kemudian silahkan ketikkan script di bawah ini :

Jika sudah silahkan simpan pada folder models ya sobat.

Sekarang silahkan sobat coba melakukan import data dari file excel dengan extensi .xlsx. Dan taraaa data pada file excel telah tersimpan ke database.

Baik sobat, saya rasa cukup ini yang bisa saya bagikan kali ini, semoga dengan sedikit coretan ini bisa membantu sobat. Sampai ketemu pada postingan selanjutnya ya sobat.

Happy Coding