KangJaz.com

Tempat Tips, Tutorial dan Source Code dari seorang newbie

Export Data MySQL ke Excel pada CodeIgniter dengan Spout

03 November 2018 | Kategori : CodeIgniter

Setelah pada kesempatan sebelumnya saya telah berbagi tutorial import data menggunakan library spout. Nah, untuk kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara melakukan export data menggunakan library spout pada codeigniter untuk sobat semua.

codeigniter-spout.png


Sobat masih ingatkan dengan library spout yang sebelumnya kita bahas. Nah, dengan library ini, kita tidak hanya bisa melakukan import data saja, tapi dengan spout kita juga bisa melakukan export data dari database ke excel loh.

Bagaimana cara export data menggunakan spout ?

Wahhh sobat sudah tidak sabar ternyata hehehe.. baik langsung saja ya sob, untuk melakukan proses export data menggunakan spout, terlebih dahulu sobat harus mempunyai library spout-nya. Bagi sobat yang belum mempunyai library spout silahkan unduh disini

SIlahkan extract dan letakkan folder library spout ke folder third_party seperti pada tutorial sebelumnya ya sob, atau bisa sobat lihat pada gambar di bawah ini :

folder.png

Jika sudah silahkan sobat ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Konfigurasi CodeIgniter

Seperti pada tutorial sebelumnya, yang pertama kita lakukan ialah mengkonfigurasi CodeIgniter-nya. Nah, silahkan sobat konfigurasi file-file di bawah ini :

  1. config.php

    Silahkan sobat ubah terlebih dahulu base_url-nya sesuai dengan nama folder project milik sobat ya

  2. routes.php

    Setelah base_url, silahkan sobat ubah default_controller pada file routes.php ya..

  3. database.php

    Jangan lupa untuk mengkonfigurasi nama user dan juga nama databasenya juga ya sob.

  4. autoload.php

    Untuk autoload yang perlu di konfigurasi cuma bagian helper dan juga library nya. silahkan sobat samakan konfigurasinya seperti script di bawah ini :

    $autoload['libraries'] = array('database');
    $autoload['helper'] = array('url');

2. Controllers

Setelah melakukan konfigurasi, sekarang silahkan sobat buat sebuah file untuk controllernya, kemudian silahkan sobat ketikkan script di bawah ini :

kemudian silahkan sobat simpan pada folder controllers. Perlu sobat ingat, untuk nama file dan class harus sama ya, oh iya, nama file juga harus sama dengan konfigurasi default_controller yang tadi sobat konfigurasi

3. View

Setelah selesai membuat controller, langkah selanjutnya kita buat sebuah file untuk view nya, silahkan sobat buat terlebih dahulu filenya kemudian silahkan sobat ketikkan script di bawah ini :

Disini saya memberi nama filenya dengan nama export. Nah, jika sobat memberi nama lain juga bisa namun silahkan ganti kata export di controller pada line 21 dengan nama file view yang sobat buat

4. Model

Yang terakhir kita buat sebuah file model untuk mengambil data dari database. Silahkan membuat sebuah file dengan nama App.php, kemudian ketikkan script di bawah ini :

Jika sudah silahkan sobat simpan. Oh iya, masalah database, saya menggunakan database yang sama dengan postingan sebelumnya ya sob. Jadi jika sobat memakai database baru, silahkan sobat melakukan konfigurasi sesuai database yang baru sobat buat.

Jika semua sudah selesai. Sekarang sobat bisa mencobanya, jika tidak ada kesalahan maka proses export akan berjalan dengan lancar hehehe

Baik sobat saya rasa cukup ini yang bisa saya bagikan kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi sobat semua

CMIIW