KangJaz.com

Tempat Tips, Tutorial dan Source Code dari seorang newbie

Cara Mudah Menginstall Font pada Linux Mint / Ubuntu

26 Maret 2018 | Kategori : Linux

Apa kabar sobat? semoga kalian semua dalam keadaan baik ya sob. Tentunya kita tahu kalau dalam sebuah desain typhographi, pemilihan font sangat berperan penting agar hasilnya bisa menarik. Bagi sobat yang menggunakan linux, pasti merasa terbatas dengan font yang disediakan oleh linux sendiri. Untuk itu, sesuai dengan judul postingan ini, kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara menginstall font pada GNU / Linux.

font.png

Sebenarnya cara untuk menginstall font ini tidak jauh berbeda dengan windows. Jika pada sistem operasi windows kita menyalin / mencopy beberapa file dengan extensi *.ttf ke folder windows/Fonts/ maka pada sistem operasi linux, kita hanya perlu mengcopy file-file font tersebut ke folder yang sudah ditentukan.

Bagaimana cara menginstall font tersebut ?

Untuk menginstall font ke linux, langkah pertama silahkan sobat buka folder home linux sobat, kemudia tekan kombinasi tombol ctrl+h dan lihat apakah sudah ada folder dengan nama .fonts. Jika folder tersebut belum ada, silahkan sobat buat terlebih dahulu foldernya.

font-1.png

Nah, jika folder tersebut sudah ada, langkah selanjutnya adalah mengcopy file font yang ingin ditambahkan ke dalam folder .fonts yang kita buat di home linux tadi.

Apakah ada cara lain untuk menginstall font di linux ?

Seperti halnya sistem operasi windows, kita juga bisa menginstall font ke linux dengan cara mendouble klik file font yang ingin di install, maka akan muncul tampilan preview font kemudian silahkan sobat klik install font.

font-2.png

Menurut saya, cara ini tergolong sangat membantu karena kita bisa melihat terlebih dahulu tampilan font yang akan kita install. Namun, cara ini akan kurang efektif jika kita menginstall banyak font, karena pasti akan memakan waktu cukup lama karena harus mengklik satu persatu file font-nya.

Gimana sobat? mudah bukan? dengan begini sobat sudah tidak perlu khawatir lagi untuk melakukan desain typhographi menggunakan sistem operasi linux, karena linux juga bisa ditambah jenis font-nya layaknya windows.

Baik sobat mungkin cukup ini tutorial cara menginstall font pada sistem operasi linux yang bisa saya berikan, semoga sedikit coretan ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.