KangJaz.com

Tempat Tips, Tutorial dan Source Code dari seorang newbie

Cara Mengaktifkan mod_rewrite Apache Web Server Linux

19 November 2016 | Kategori : Linux

Cara Mengaktifkan mod_rewrite Apache Web Server Linux - Mungkin sobat ada yang pernah mengalami kejadian dimana file .htaccess tidak berfungsi terutama bagi sobat pengguna linux yang menggunakan LAMP Server sebagai server local. Tenang sobat, jangan buru-buru melakukan uninstall LAMP Server nya, sebab permasalahannya ada pada mod_rewrite yang masih belum aktif.

lamp.png

Apa sih fungsi dari mod_rewrite itu?

mod_rewrite sendiri berfungsi untuk merubah permalink. Jadi apabila mod_rewrite ini belum aktif maka link pun tidak bisa diubah menggunakan htaccess. Untuk postingan pertama ini saya akan berbagi tutorial bagaimana cara mengaktifkan mod_rewrite pada LAMP Server Linux. langsung saja sobat semua ikuti beberapa langkah dibawah ini :

1. Buka Terminal Linux

Bagi sobat pengguna linux pastinya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya terminal bus dan sudah pasti tahu bagaimana cara membukanya. Nah, bagi sobat yang masih belum terbiasa, sobat bisa menggunakan kombinasi tombol ctrl+alt+t untuk membuka jendela terminal.

2. Edit file konfigurasi 000-default.conf

File konfigurasi 000-default.conf terletak pada folder /etc/apache2/sites-available/ untuk itu kita gunakan perintah berikut untuk mengeditnya :

sudo nano /etc/apache2/sites-available/000-default.conf

Selanjutnya cari baris code yang bertuliskan DocumentRoot /var/www/html. Jika sudah ketemu, selanjutnya tuliskan perintah berikut tepat di bawah code tadi :

<Directory "/var/www/html">
    AllowOverride All
</Directory>

Kemudian simpan dengan menekan tombol kombinasi ctrl+x, kemudian ketik huruf Y (untuk menyimpan) atau N (jika tidak ingin menyimpannya) lalu tekan Enter.

3. Aktifkan mod_rewrite

Jika keempat langkah di atas sudah dilakukan, selanjutnya adalah mengaktifkan mod_rewrite-nya dengan perintah :

sudo a2enmod rewrite

4. Restart Apache

Langkah terakhir yang perlu dilakukan ialah merestart service apache dengan perintah :

sudo service apache2 restart

Silahkan sobat tunggu sebentar sampai apache berhasil di restart.

Gimana sobat? mudah bukan ?, Cara di atas telah saya terapkan pada linux mint 18 sarah dan berhasil, mungkin cukup itu yang bisa saya bagi buat sobat semua pada postingan kali ini. Semoga sedikit ilmu ini bisa bermanfaat bagi sobat semua... selamat mencoba..

CMIIW