KangJaz.com

Tempat Tips, Tutorial dan Source Code dari seorang newbie

Cara Membuat Auto Logout dengan PHP

10 September 2017 | Kategori : PHP

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial membuat auto logout dengan PHP. Logout otomatis ini akan terjadi jika user tidak melakukan aktivitas apapun (idle) dalam kurun waktu tertentu. Sebagai contoh, misalkan seorang admin yang login kemudian dalam kurun waktu 1 menit tidak melakukan aktivitas apapun, maka secara otomatis akan di-logout oleh sistem.

logout.jpg

Sebenarnya apa fungsi auto logout ini ?

Sistem auto logout ini juga berfungsi untuk melindungi halaman-halaman penting dari orang yang tidak memiliki akses ke halaman tersebut. Sebagi contoh, jika seorang admin yang sudah login kemudian dia beranjak dari depan komputernya tanpa me logout sistem terlebih dahulu, maka hal ini bisa dimanfaatkan oleh orang lain untuk mengotak atik halaman tersebut memakai komputer si admin. Nah, dengan adanya sistem auto logout ini, si admin tidak perlu khawatir jika lupa melogout sistemnya. Sebab jika tidak ada aktivitas yang terjadi di halaman tersebut dalam beberapa waktu, maka sistem akan secara otomatis meng-logout si admin.

Bagaimana sih cara buatnya ?

Baik sobat, tidak usah berlama-lama lagi, kita langsung saja bahas cara pembuatannya.

1. Buat database

Yang pertama tentu saja sebuah database untuk menyimpan data admin. Sebagai contoh, saya membuat sebuah database dengan nama logout dan sebuah tabel dengan nama t_user, atau sobat bisa mengetikkan script di bawah ini pada query sql.

CREATE DATABASE `logout`;

CREATE TABLE `logout`.`t_user`(
   `id_user` INT NOT NULL AUTO_INCREMENT,
   `username` VARCHAR(35) NOT NULL,
   `fullname` VARCHAR(35) NOT NULL,
   `password` VARCHAR(35) NOT NULL,
   PRIMARY KEY(`id_user`)
) ENGINE = InnoDB;

kemudian jalankan.

2. Buat File config.php

Yang kedua buat sebuah file untuk menyimpan koneksi dan juga fungsi loginnya. Oh iya sobat, disini saya menggunakan mysqli OOP ya, dan saya membuat file dengan nama config.php. Untuk penamaannya bebas ya sob, nggak harus pakai nama config.php. Jika file sudah siap, silahkan sobat ketikkan script di bawah ini :

3. Buat File timer.php

Yang satu ini merupakan file inti dalam tutorial kali ini, karena dalam file ini kita menyimpan fungsi timer nya. Silahkan sobat buat terlebih dahulu file nya kemudian silahkan ketik script di bawah ini :

4. Buat file index.php

Untuk file yang satu ini, sobat bisa berkreasi sendiri, namun ada beberapa script inti yang harus sobat masukkan ya. Karena ini hanya contoh, saya membuat file index.php dengan script berikut :

Beberapa script inti dalam file diatas adalah pada line 24-26 yang berfungsi untuk melakukan pengecekan apakah user / admin melakukan aktivitas atau tidak, nah script tersebut bisa sobat masukkan ke halaman dashboard ya. Kemudian pada script diatas ada script meta refresh, Nah untuk script meta tersebut kita gunakan untuk merefresh halaman dalam kurun waktu tertentu, pastikan untuk mengeset waktu yang sama dengan waktu timeout yang ada pada script timer ya sob.

bagi sobat yang tidak mau repot, bisa unduh contoh script auto logoutnya pada link di bawah ini :

Baik sobat saya rasa cukup sekian tutorial kali ini, semoga bisa bermanfaat buat sobat yang sedang belajar seperti saya ini hehehe..