KangJaz.com

Tempat Tips, Tutorial dan Source Code dari seorang newbie

Cara Melakukan Multiple Insert pada CodeIgniter

17 Februari 2018 | Kategori : CodeIgniter

Setelah beberapa urusan yang membuat saya tidak bisa berbagi tutorial, akhirnya pada kesempatan kali ini saya bisa berbagi tutorial lagi kepada sobat semua. Jika pada postingan sebelumnya saya sudah membahas bagaimana cara melakukan multiple insert dengan php. Kali ini saya akan membahas bagaimana melakukan multiple insert pada CodeIgniter.

multiple.png


Sebenarnya CodeIgniter sudah menyiapkan sebuah fungsi yang memungkinkan kita untuk melakukan multiple insert dengan sekali eksekusi perintah. Yap fungsi yang saya maksud adalah insert_batch(). Dengan fungsi ini, sobat bisa melakukan multiple insert dengan sangat mudah. Baik sobat, tidak usah berlama-lama lagi, langsung saja sobat ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

1. Persiapan

Pada tutorial kali ini, saya menggunakan :

  1. CodeIgniter versi 3.1.5
  2. PHP versi 7.0
  3. MySql versi 5.7

Extract CodeIgniter dan rename foldernya menjadi multi_insert kemudian copy ke web server sobat.

2. Konfigurasi

Berikut ini adalah hal yang perlu kita konfigurasi pada CodeIgniter :

  1. config.php

    Pada config.php kita hanya mengkonfigurasi base_url-nya ya sob, jadi silahkan sobat masukkan urlnya. Berhubung folder project saya bernama multi_insert maka pada base_url saya masukkan url seperti pada script di bawah ini :

    $config['base_url'] = 'http://localhost/multi_insert/';
  2. routes.php

    Pada routes.php kita hanya mengkonfigurasi default_controller-nya, rencananya nanti saya membuat file controller dengan nama Multi_insert.php untuk itu, pada default_controller-nya saya ubah dari welcome menjadi multi_insert seperti pada penggalan script di bawah ini :

    $route['default_controller'] = 'multi_insert';
  3. autoload.php

    Pada bagian autoload.php, kita konfigurasi autoload helper dan library-nya seperti penggalan script di bawah ini ya sob :

    Library

    $autoload['libraries'] = array('database');

    Helper

    $autoload['helper'] = array('url', 'form');
  4. database.php

    Pada database.php, silahkan sobat setting / konfigurasi sesuai dengan database dan web server milik sobat ya. Namun sebelum itu, silahkan sobat buat terlebih dahulu sebuah database, sebagai contoh saya membuat database dengan nama multi, kemudian silahkan sobat eksekusi query sql di bawah ini :

    CREATE TABLE `t_anggota` (
       `id_anggota` int(11) NOT NULL AUTO_INCREMENT,
       `nama` varchar(50) NOT NULL,
       `telp` varchar(15) NOT NULL,
       PRIMARY KEY(`id_anggota`)
    ) ENGINE = InnoDB DEFAULT CHARSET = latin1

3. Controller

Setelah kita melakukan konfigurasi, langkah selanjutnya adalah membuat controller, untuk controller-nya di sini saya membuat sebuah file dengan nama Multi_insert.php, kemudian silahkan sobat ketik script di bawah ini pada file tadi :

4. Model

Langkah selanjutnya adalah membuat model. Silahkan sobat buat terlebih dahulu file model-nya, sebagai contoh saya membuat sebuah file dengan nama App.php, kemudian silahkan sobat ketik script di bawah ini :

5. View

Untuk view, disini saya membuat sebuah file dengan nama index.php dan mengetikkan script seperti di bawah ini :

Setelah semua selesai, silahkan sobat coba jalankan,, dan taraa sobat berhasil melakukan multi insert dengan sekali eksekusi query.

Sedikit penjelasan, fungsi insert_batch() yang disediakan oleh CodeIgniter ini memungkinkan kita untuk menyimpan data multi array, untuk itu pada script controller tadi saya melakukan looping pembacaan data form sebelum melakukan penyimpanan ke database.

Baik sobat mungkin cukup ini ya yang bisa saya bagi pada kesempatan kali ini, semoga sedikit coretan ini bisa bermanfaat bagi sobat semua. Jangan lupa Share jika dirasa bermanfaat bagi sobat maupun teman sobat semua.

#CMIIW