KangJaz.com

Tempat Tips, Tutorial dan Source Code dari seorang newbie

Cara melakukan Multiple Insert dengan satu Query

11 Juli 2017 | Kategori : PHP

Dalam sebuah aplikasi baik yang berbasis web maupun desktop pastinya tak lepas dari proses CRUD. Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tutorial bagaimana melakukan multiple insert dengan sekali eksekusi query menggunakan bahasa pemrograman php.

php.jpg

Dalam sql sendiri query untuk melakukan insert data adalah sebagai berikut :

INSERT INTO `table` (`column1`, `column2`) VALUES ('value1', 'value2')

nah, ketika kita ingin melakukan proses multiple insert kita bisa merubah query-nya menjadi seperti ini :

INSERT INTO `table` (`column1`,`column2`) VALUES ('value1', 'value2'), ('value3','value4')

Lalu bagaimana jika script tersebut diterapkan di php ?

Sebenarnya kita bisa langsung menerapkan script tersebut dengan catatan form yang digunakan untuk mengirim data merupakan form statis atau tetap. Namun jika form yang kita gunakan merupakan form dinamis pasti lain lagi ceritanya. Dalam kasus seperti ini, kita bisa memanfaatkan looping untuk pembacaan datanya.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk menangani kasus multi insert dengan form dinamis dan yang pasti kita tetap memanfaatkan looping.

Bagaimana sih caranya?

Baik sobat tidak usah berlama-lama lagi kita langsung saja ke pokok pembahasan, silahkan sobat ikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Buat database

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah membuat sebuah database, sebagai contoh saya membuat database dengan nama multi_insert kemudian untuk tabelnya silahkan ketikkan script sql di bawah ini atau sobat bisa membuat tabel sendiri.

CREATE TABLE `multi_insert`.`t_anggota` (
   `id_ang` INT NOT NULL AUTO_INCREMENT,
   `nama` VARCHAR(35) NOT NULL,
   `umur` TINYINT(2) NOT NULL,
   PRIMARY KEY(`id_ang`)
) ENGINE = InnoDB;

2. Buat File index.php

Langkah selanjutnya adalah membuat file inti, jadi kita hanya membuat satu file karena proses dan form akan kita jadikan satu. Jika sudah membuat file-nya silahkan sobat ketik script di bawah ini :

Sedikit catatan, untuk nama input form usahakan menggunakan array ya sob. Nah, dari script di atas kita akan mendapatkan tampilan seperti di bawah ini :

multi_insert.png

Pada script di atas selain kita menggunakan looping, kita juga menggunakan trim untuk menghapus kelebihan tanda koma pada string yang ada dalam variabel $value. Sekarang silahkan sobat jalankan dan taraaa sobat berhasil melakukan multi insert dengan sekali eksekusi query. Sebenarnya ada cara yang lebih sedernaha yaitu dengan menuliskan query insert di dalam looping. Namun menurut saya cara itu kurang efektif karena akan membebani server. Sebab server akan mengeksekusi perintah insert sebanyak data yang diinputkan.

Mungkin cukup ini dulu ya sobat tutorial untuk kali ini, semoga sedikit coretan kali ini bisa menambah ilmu sobat semua.

CMIIW