KangJaz.com

Tempat Tips, Tutorial dan Source Code dari seorang newbie

Cara Blurring Area Tertentu pada Video dengan Kdenlive

26 April 2017 | Kategori : Tutorial

Tak terasa ternyata sudah lama tidak menjamah blog ini hehehe, sebelumnya saya minta maaf nih sob, soalnya baru sempat update lagi. Nah pada kesempatan kali ini kita tidak akan membahas masalah code ya sob. horeeee, Karena, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi tutorial bagaimana membuat efek blur pada bagian tertentu dalam video menggunakan Kdenlive.

kdenlive.png

Emangnya bisa ya ?

Tentu bisa sob, karena sekarang sudah banyak sekali software-software pengolah video, misalnya Ulead, Kdenlive, Windows Movie Maker dan masih banyak lagi. Namun, kali ini kita memakai kdenlive ya sob.

Apa Sih Kdenlive itu ?

Kdenlive merupakan sebuah aplikasi open source untuk mengolah video yang bisa diinstall di sistem operasi Linux. Yah Open Source, Pasti fiturnya sedikit dong ? Eitss jangan salah sob, meskipun software ini merupakan software open source namun software ini memiliki fitur yang tidak kalah dengan software berbayar loh meskipun tidak selengkap video editor yang berbayar.

Fitur Dasar Pada Kdenlive :

Berikut beberapa fitur dasar yang dimiliki oleh kdenlive diantaranya :

  1. Editor Multitrack dengan timeline dan jumlah yang tak terbatas yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan
  2. Track Video dan Audio yang disusun dalam bentuk layer yang memudahkan dalam pengeditan video
  3. Jumlah efek dan transisi yang cukup banyak dan bisa dimodifikasi

serta masih banyak lagi sebenarnya.

Cara Melakukan Blurring area dengan Kdenlive

Setelah kita berkenalan dengan Kdenlive sekarang kita kembali ke topik pembahasan ya sob. Sebenarnya cara blurring area dengan menggunakan kdenlive cukup mudah, berikut langkah-langkahnya :

1. import terlebih dahulu video yang ingin diedit ke layer Kdenlive

Langkah pertama tentu saja mengimport video yang ingin kita blur ke media kerja Kdenlive dengan cara :

  1. klik menu project> add clip
  2. kemudian drag clip yang sudah ada pada project bin ke layer seperti yang ditunjukkan nomor 2 pada gambar di bawah ini
blur-1.png

2. Menambahkan efek ke dalam video

Langkah kedua ialah pilih layer video yang ingin di blur lalu klik kanan dan pilih menu add effect> blur and hide> auto mask sehingga tampak bagian video yang blur seperti gambar di bawah ini :

blur-2.png

3. Resize blurring area

Langkah terakhir ialah me-resize area yang blur dengan men-drag titik merah yang ada pada pojok area yang blur seperti keterangan yang ada pada gambar di atas

Nah gimana sobat mudah bukan ? meskipun kita menggunakan software yang open source namun hasil yang dicapai tidak jauh dari berbeda dengan hasil video menggunakan software berbayar.

Saya rasa cukup ini dulu ya sob coretan saya kali ini, semoga sedikit coretan ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.